BAB VII: Algortima dan Pemrograman

 

Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sedangkan pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web.



Peta Konsep Bab VII



“Mengapa Perlu Belajar Pemrograman?”

  • Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang bidang lainnya.

  • Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing. Makin awal kalian memulai belajar, semakin mudah untuk mempelajarinya

  • Akan banyak lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming di seluruh dunia.

  •  Merupakan jenis seni terbaru yang membuat kalian akan berkreasi tanpa batas


“Bagaimana Belajar Programming?”

Pertama-tama, kalian akan dikenalkan dengan lingkungan pemrograman yang akan dipakai. lalu kalian akan belajar pemrograman lewat contoh yang diberikan. Jika sudah bisa memprogram sendiri, kalian akan membuat sesuatu yang sesuai dengan imajinasi kalian.


“Scratch”

Scratch  yang dibuat oleh MIT Media Lab, ini bisa kalian gunakan untuk mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari. Program sederhana ini dibuat dari susunan blok-blok yang menghasilkan tampilan visual sesuai blok tadi. Hasil karya Scratch juga dapat dibagikan dalam komunitas online. 


“Membat Akun di Scratch”

Untuk menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau tidak. Berikut langkah langkah membuat akunnya:

  1. Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, lalu daftarkan akun yang dimiliki dan ikuti sesuai langkah. username dan password yang digunakan perlu diingat dan dicatat jika perlu.

  2. Setelah berhasil login, akan muncul halaman home.




“Mengenal “Universe” Scratch”

Mari, mengenal apa saja yang dapat kalian lakukan di Scratch. Pilih Menu Create di menu atas Home, lalu akan muncul tampilan seperti berikut: 



  • Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek. 

  •  Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F). 

  • Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek. 

  • Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.

  • Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri. 

  • Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.

  • Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.

  • H: Nama proyek yang dibuat.





Untuk Informasi lebih lengkah, silahkan tonton video dibawah ini:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Saya Memilih Labschool

Rangkuman Jaringan Komputer dan Internet