Rangkuman Jaringan Komputer dan Internet

 

JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

Alisha Chairunursyifa Ritonga 8E

PETA KONSEP


        A. Jaringan Komputer
                Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data dengan software dan hardware. Setiap komputer memiliki alamat yang berbeda yaitu IP. Dengan iu, terdapat 2 jaringan di komputer, yaitu:

    1. Jaringan Lokal
            Merupakan jaringan dengan kabel atau nikrabel di wilayah yang terbatas, biasanya hanya bisa mengcangkup 1 wilayah kecil saja. Terdapat 2 perangkat tambahan yang diperlukan, yaitu: switch yang hanya bisa menghubungkan IP yang sama, dan Router yang bisa menghubungkan perangkat dengan IP yang berbeda.
    2. Jaringan Internet 
               Internet merupakan singkatan dari Inter-Network, merupakan jaringan antarjaringan komputer yang memiliki jangkauan sampai seluruh dunia. Sistem ini juga bisa menghubungkan perangkat yang ada di seluurh dunia ini. Untuk menggunakan internet, pengguna harus mempunyai layanan internet, seperti email, World Wide Web, dan lain - lain.
    3. Konfigurasi Jaringan Komputer
            Ada dua komponen utama dalam sebuah jaringan komputer, yaitu node dan link atau edge. Node adalah titik atau perangkat yang dapat menghasilkan input data atau menerima data atau juga kedua-duanya dalam sebuah jaringan. Dan link adalah a hubungan antara node yang satu dan node yang lainnya dalam sebuah jaringan. 
        4. Routing pada komputer
                Proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat. Untuk dapat melakukan proses routing, harus lebih dahulu diketahui alamat tujuan perangkat, alamat asal perangkat, dan rute terbaik. Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat dilalui. Konsep inilah yang dikenal dengan istilah jalur terpendek

        B. Komunikasi Data pada Ponsel
            Komunikasi data merupakan sebuah mekanisme pengiriman dan penerimaan data dari satu perangkat ke perangkat lain. Jika kita mengirimkan suatu pesan ke ponsel seseorang, terdapat komunikasi data terhadpat ponsel kita dan ponsel orang itu. Untuk melakukan tersebut, diperlukan sinyal yang kuat, berikut faktor ponsel untuk mempunyai sinyal yang kuat:

1. Jarak Ponsel dari Base Transceiver Station
2. Material Bangunan
3. Halangan
4. Cuaca
5. Pengguna lain yang memakai jaringan yang sama

        C. Terhubung ke Internet yang Aman
                

               Sebagai usaha pemerintah bagi masyarakat, pemerintah mengadakan internet positif kepada website yang berbahaya. Internet positif itu sendiri merupakan istilah bagi website yang terkena blokir / dibatasi dikarenakan tidak dianggap layak oleh pemerintah Indonesia, Internet positif mulai dioperasikan dari tahun 2017 yang dilakukan oleh Kominfo.
                Biasanya, website yang terkena blokir dikarenakan terdapat konten yang mengandung SARA, hoax, maupun pornografi. Juga website bisa diblokir dikarenakan bisa mencuri informasi pribadi kita. Pencurian data di internet adalah phising

            1. Website Phising
    Website Phising merupakan upaya untuk mencuri suatu data dengan suatu website. Contohnya seperti di website yang mencurigakan kamu mengisi nama akun dan password akun Facebookmu. Maka ada kemungkinan besar bahwa website itu sedang mencuri datamu. Ini sering terjadi di website yang alamatnya hampir sama dengan website aslinya.



Dengan Itu kalian harus memperhatikan alamat website yang kalian tujui, kalian juga bisa meng-cek keaslian website dengan memperhatikan ikon kunci, itu berarti bahwa website tersebut aman untuk dibuka. 

            2. Setting keamaan dengan Browser
       Jangan khawatir, sebagian besar browser sudah mempunyai pengaturan pengamannya sendiri. Dengan itu, browser yang kalian gunakan akan selalu memberikan peringatan kepada website yang berbahaya. Selain itu kalian bisa memeriksa di website ini (website terpercaya dari google) jika ingin menyelidiki website itu dulu.


        Selesai sudah ringkasan dari bab Jaringan Komputer dan Internet, jika kalian ingin menonton pendalaman bab ini kalian bisa menonton video ini:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Saya Memilih Labschool

BAB VII: Algortima dan Pemrograman